Kamis, 02 Oktober 2014

Dampak Perkembangan IPTEK dalam Bidang Sosial

        


            Seperti yang kita tahu dari dulu hingga sekarang teknologi itu sudah ada. Namun saat ini perkembangan teknologi itu sendiri semakin maju. Semakin majunya teknologi ini disebabkan karena manusia menggunakan akalnya untuk berfikir bagaimana cara mempermudah segala kegiatan mereka. Majunya IPTEK saat ini memiliki dampak-dampak dalam kehidupan sehari-hari khususnya bidang sosial.
         Dampak positif dari IPTEK terhadap bidang sosial yaitu,yang pertama mempermudah kita dalam berinteraksi dengan orang lain tanpa harus tatap muka. Dulu kita masih menggunakan surat untuk berkomunikasi jarak jauh yang memakan waktu lama untuk mendapat balasan. Setelah itu munculah telefon kabel. Dengan menggunakan telefon kabel ini seseorang tersebut sama halnya berbicara langsung dengan orang lain namun tanpa tatap muka. Dengan telefon kabel ini, seseorang dapat berkomunikasi jarak jauh tanpa harus menunggu balasan yang lama. Lalu munculah handphone yang lebih mempermudah manusia untuk berkomunikasi tanpa harus menggunakan kabel. Handphone mudah dibawa kemana-mana karena bentuknya yang kecil dibanding telefon kabel. Setelah itu munculah jejaring sosial yang membantu kita untuk berinteraksi lebih luas lagi dengan orang banyak seperti facebook,twitter,Friendster dan lain lain.
         Dampak positif yang kedua yaitu,mudahnya untuk mendapatkan suatu informasi. Dulu jika ingin mendapatkan suatu informasi atau berita terkini kita akan membeli koran. Namun sekarang kita bisa mengakses berita lewat internet dan kita sudah dapat membaca melalui media online. Masih banyak lagi dampak positif IPTEK dalam bidang sosial tapi tidak menutup kemungkinan bahwa IPTEK memiliki dampak negative.
         Adapun dampak negativenya yaitu, manusia cenderung bersifat individualis. Dengan berbagai kemudahan yang ada disekelilingnya, seseorang menjadi jarang berinteraksi dengan orang lain secara tatap muka. Sifat individualis menyebabkan hilangnya nilai gotong royong serta tolong menolong antar masyarakat. Dampak negative yang kedua yaitu menimbulkan ketergantungan. Bisa kita lihat di sekeliling kita bahwasannya setiap orang memiliki ketergantungan terhadap teknologi mulai dari penggunaan internet sebagai salah satu media untuk mendapatkan suatu informasi, jual beli barang, menggunakan jejaring sosial untuk berkomunikasi dan lain-lain.

Sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar